Syarat & Ketentuan dan Kebijakan Privasi

KEBIJAKAN PRIVASI

Selamat datang di Platform Kedaireka.

Platform Kedaireka Kampus Merdeka (selanjutnya disebut "Kedaireka") adalah sebuah platform yang disediakan, dikelola, dan dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi dan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (selanjutnya disebut "Kementerian"). Kedaireka merupakan akronim dari Kerja Sama Dunia Usaha dan Kreasi Reka. Kedaireka juga dapat diartikan sebagai Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta. Kementerian  ingin membangun suatu platform kerja sama antar perguruan tinggi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri serta pihak-pihak terkait. Platform Kedaireka Kampus Merdeka diharapkan dapat menjadi pusat pertemuan dan komunikasi antara pereka cipta di Perguruan Tinggi  (selanjutnya disebut “Insan Dikti”) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Insan Dikti dengan  Dunia Usaha dan Dunia Industri dapat menjalin hubungan kerja sama di mana pihak Industri dapat memberikan Peluang Cipta atau business case untuk diselesaikan oleh Insan Dikti  dan Insan Dikti  dapat menawarkan usulan Kreasi Reka sebagai reka cipta yang dapat dipergunakan oleh industri. Untuk itu, Kementerian akan memberikan layanan terkait hubungan kerja sama atau mendorong supply and demand antara Insan Dikti dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri serta pihak-pihak terkait lainnya untuk Pengguna.

Kebijakan Privasi (selanjutnya disebut “Kebijakan Privasi”)  ini mengatur landasan dasar mengenai bagaimana Kementerian menggunakan informasi pribadi yang Kementerian terima dari Pengguna (selanjutnya disebut sebagai “Informasi Pribadi”).

Kerahasiaan Informasi Pribadi adalah hal yang penting bagi Kementerian, maka Kementerian bertanggung jawab dalam melindungi dan menghormati Informasi Pribadi Pengguna (selanjutnya disebut “Pengguna”) sesuai dengan hukum yang berlaku.

Kementerian berkomitmen untuk mengelola, melindungi, menganalisis, dan memproses Informasi Pribadi Pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi yang berlaku terhadap seluruh Informasi  Pribadi yang telah Kementerian peroleh  dari Pengguna melalui platform Kedaireka, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran, mengakses, maupun dalam mempergunakan layanan dan fitur yang disediakan dalam Kedaireka.

Kebijakan Privasi berlaku bagi seluruh Pengguna platform Kedaireka. Apabila Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Kebijakan Privasi ini, Pengguna tidak diperkenankan untuk mengakses lebih lanjut dan dipersilakan untuk meninggalkan Platform Kedaireka.

Dengan mengakses dan/atau mempergunakan Kedaireka, Pengguna menyatakan bahwa setiap informasi  yang dipergunakan adalah informasi  yang benar dan sah. Dengan mendaftar, mengakses, dan/atau mempergunakan Kedaireka, maka Pengguna telah memberikan persetujuan kepada Kementerian  untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mempergunakan informasi  tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Kebijakan Privasi dari Kedaireka sebagai berikut:

  1. TUJUAN KEBIJAKAN PRIVASI

Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana Kementerian akan mengolah dan mengamankan informasi pribadi Pengguna, dan hak serta pilihan yang pengguna miliki sehubungan dengan pengelolaan Informasi Pribadi.

Kebijakan Privasi ini berlaku untuk Informasi Pribadi yang Pengguna berikan kepada Kementerian saat Pengguna menggunakan platform Kedaireka maupun layanan-layanan tambahan yang tersedia pada platform Kedaireka.

  1. PENGUMPULAN INFORMASI

Kedaireka mengumpulkan informasi Pengguna dengan tujuan untuk mengelola dan memperlancar proses Penggunaan platform Kedaireka, serta tujuan-tujuan lainnya.

Kementerian  telah memastikan telah mematuhi semua kewajiban dalam menjamin perlindungan privasi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku telah dan dapat terpenuhi.

Kementerian  mengumpulkan informasi tentang Pengguna ketika Pengguna  mengunjungi Platform Kedaireka dan menggunakan layanan dan fitur yang disediakan oleh Kementerian pada Platform Kedaireka. Jenis dokumen  yang dikelola Kementerian  dari waktu ke waktu dapat mencakup informasi pribadi seperti:

  1. Nama lengkap;
  2. Alamat surel (email);
  3. Nomor induk kependudukan;
  4. Nomor telepon;
  5. Nomor induk dosen nasional; dan
  6. Informasi pribadi lain yang dapat diidentifikasi yang Pengguna berikan kepada Kementerian dalam bentuk apapun atau yang Kementerian  peroleh melalui bentuk interaksi apapun antara Kementerian dengan Pengguna sehubungan dengan penggunaan platform Kedaireka.

  1. PENGGUNAAN INFORMASI

Kedaireka dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian informasi yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna dengan tujuan seperti berikut :

  1. Menyediakan layanan platform Kedaireka kepada Pengguna;
  2. Mengelola Akun Pengguna untuk melakukan verifikasi identitas;
  3. Memproses segala bentuk permintaan dan aktivitas yang dilakukan oleh Pengguna melalui Kedaireka;
  4. Untuk memantau, mendeteksi dan mencegah Pengguna, atau penyalahgunaan layanan Platform Kedaireka oleh pihak yang tidak sah atau salah;
  5. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara, dan memperbaiki layanan Platform Kedaireka  termasuk:
  1. Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada Kedaireka, seperti pemecahan masalah perangkat lunak, permasalahan operasional, melakukan analisis data/informasi, pengujian, dan penelitian, serta untuk memantau dan menganalisis kecenderungan Penggunaan dan aktivitas;
  2. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi melalui layanan yang disediakan oleh Kementerian  pada Kedaireka, di antaranya untuk:
  1. Memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
  2. Mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas Kedaireka yang tepat untuk mengatasi permasalahan; dan
  3. Mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Kedaireka.
  1. Menghubungi Pengguna melalui surel (email), telepon, fax, dan lain-lain, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses penyelesaian kendala;
  2. Mengomunikasikan kepada Pengguna hal-hal yang terkait dengan pertanyaan, permintaan dan masukan dari Pengguna mengenai perubahan materi pada Syarat dan Ketentuan dalam Kedaireka atau persyaratan dan ketentuan lainnya yang terkait dengan pengelolaan Akun Pengguna;
  3. Memberikan kesempatan bagi Pengguna secara sukarela untuk berpartisipasi dalam survei terkait situs web maupun layanan yang telah diberikan Kementerian kepada Kedaireka;
  4. Menginformasikan kepada Pengguna terkait layanan, berita, perkembangan terbaru, dan lain-lain, baik melalui Kedaireka maupun melalui media lainnya;
  5. Selama penjelajahan umum, server akan merekam tindakan yang relevan, termasuk alamat IP perangkat yang terhubung, waktu Penggunaan, browser yang digunakan, menjelajah dan mengklik catatan data, dan lainnya sebagai referensi untuk layanan situs web Kementerian. Sebagai catatan, proses ini adalah proses internal dan informasi yang Kementerian dapatkan tidak akan dirilis atau dipublikasikan;
  6. Dalam keadaan tertentu, Kementerian dapat  menggunakan ataupun mengungkapkan informasi  Pengguna dengan tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku.

Pengguna diharuskan untuk memberikan informasi dan konten pendaftaran dengan sejelas-jelasnya untuk dikumpulkan oleh Kementerian pada Platform Kedaireka. Kementerian atas kebijakannya berhak untuk tidak memperkenankan Pengguna menggunakan layanan Platform Kedaireka apabila menurut Kementerian terdapat ketidaksesuaian dari informasi data yang Pengguna  kumpulkan.

Selain daripada data yang disebutkan di atas, Kementerian berhak meminta dan mengumpulkan data dan informasi lainnya dari Pengguna. Dengan ini, Pengguna  bekerja sama dengan Kementerian untuk memberikan data dan informasi yang diminta oleh Kementerian untuk kelancaran dalam penyediaan layanan Platform Kedaireka kepada Pengguna.

Apabila Pengguna memberikan Informasi Pribadi milik pihak ketiga dengan cara menyerahkan Informasi Pribadi tersebut kepada Kementerian, Pengguna menyatakan kepada Kementerian bahwa Pengguna telah memperoleh persetujuan dari pihak ketiga tersebut untuk memberikan Informasi Pribadi untuk tujuan tersebut.

  1. PENGUNGKAPAN INFORMASI PRIBADI PENGGUNA

Kementerian menjamin tidak akan menyediakan, menukar, menjual, meminjamkan, ataupun menyewakan Informasi  Pribadi Pengguna kepada individu, grup, perusahaan dan otoritas publik lainnya atau dapat disebut sebagai pihak ketiga, tanpa terdapat izin dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. Dengan persetujuan tertulis dari Pengguna;
  2. Dibutuhkan adanya pengungkapan Informasi Pengguna dari Kementerian dan pihak ketiga yang membantu Kementerian dalam menyajikan layanan pada Platform Kedaireka dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Platform Kedaireka;
  3. Dibutuhkan adanya komunikasi antara konsultan Kementerian dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya;
  4. Memenuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum; dan
  5. Pihak lainnya yang Pengguna beri kewenangan untuk menerima pengungkapan Informasi Pribadi Pengguna dari Kementerian.

Kedaireka tidak bertanggung jawab apabila terjadi permasalahan yang diakibatkan pertukaran data dan informasi secara langsung diluar platform Kedaireka antar pengguna Kedaireka dan mitra yang dilakukan tanpa keterlibatan Kedaireka.

  1. MENGAKSES ATAU MEMPERBAIKI INFORMASI  DIRI PRIBADI

Pengguna dapat mengakses atau memperbaiki nama Pengguna, alamat email, tanggal lahir, alamat surat menyurat, dan nomor telepon dengan cara :

  1. Masuk ke dalam Akun Pengguna;
  2. Pengguna dapat memilih “Informasi Akun” dan mengklik pilihan “Ubah” dalam kolom yang akan diperbaiki pada Kedaireka.

Kementerian akan mengirimkan Informasi  Pribadi yang telah diperbaiki kepada setiap orang atau badan hukum yang telah menerima pengungkapan dari Kementerian, kecuali orang atau badan hukum tersebut tidak memerlukan Informasi Pribadi yang telah diperbaiki untuk tujuan legalitas atau komersial apapun, atau Pengguna dan Kementerian sepakat bahwa Informasi Pribadi yang telah diperbaiki tersebut tidak perlu diungkapkan kepada orang atau badan hukum terkait.

  1. PENCABUTAN PERSETUJUAN

Pengguna dapat mencabut persetujuan untuk pengumpulan, Penggunaan dan/atau pengungkapan Informasi Pribadi Pengguna yang Kementerian  simpan atau yang berada dalam penguasaan Kementerian. Harap diperhatikan bahwa :

  1. Pengguna tidak dapat mengakses kembali Akun Pengguna;
  2. Kementerian tidak lagi dapat menyediakan layanan Kedaireka kepada Pengguna;
  3. Kementerian  tidak akan lagi dapat mengumpulkan, menggunakan dan/atau mengungkapkan Informasi Pribadi Pengguna, kecuali dengan tujuan tunduk kepada hukum dan peraturan perundang-undangan atau tujuan legalitas lainnya.
  1. PENYIMPANAN DAN PENGHAPUSAN INFORMASI

Seluruh informasi Pribadi yang Pengguna berikan kepada Kementerian disimpan di server yang aman. Dengan menyerahkan Informasi Pribadi Pengguna pada Platform Kedaireka, Pengguna menyetujui pengalihan, penyimpanan, serta pengolahan yang terjadi pada Platform Kedaireka. Kementerian  akan mengambil langkah-langkah dalam batas kewajaran yang diperlukan untuk memastikan bahwa Informasi Pribadi tersebut diperlakukan dengan aman dan sesuai dengan Kebijakan Privasi serta Syarat dan Ketentuan yang Berlaku.

Mohon untuk dapat diperhatikan bahwa transmisi informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Meskipun demikian, Kementerian akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi Informasi Pribadi tersebut. Kementerian tidak dapat  menjamin keamanan informasi yang dikirimkan ke Kedaireka; risiko dari setiap transmisi menjadi tanggung jawab Pengguna. Saat Kementerian menerima Informasi Pribadi Pengguna, Kementerian akan menggunakan prosedur yang ketat dan fitur keamanan untuk mencegah akses yang tidak diizinkan.

Kementerian akan menyimpan informasi selama Akun Pengguna terdaftar menjadi mahasiswa aktif di PDDIKTI dan selama akun Mitra tetap aktif serta dapat melakukan penghapusan informasi Pengguna sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

  1. KEAMANAN INFORMASI PRIBADI

Informasi Pribadi Pengguna akan disimpan dan digunakan oleh Kementerian  dan dijamin kerahasiaannya. Kementerian tidak akan menjual, mengungkapkan atau memberikan Informasi Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga manapun di luar Kementerian kecuali:

  1. jika Kementerian memiliki persetujuan Pengguna;
  2. jika Kementerian percaya bahwa akses, kontribusi, penyimpanan atau pengungkapan Informasi Pribadi diperlukan untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, suatu proses hukum atau permintaan pemerintah yang sah dan wajib dilaksanakan, melaksanakan Syarat dan Ketentuan yang terkait, termasuk penyelidikan potensi pelanggaran dari Syarat dan Ketentuan atau Kebijakan Privasi ini, untuk mendeteksi, mencegah, atau menangani kegiatan ilegal, penipuan, masalah keamanan atau teknis, atau untuk melindungi hak-hak Kementerian, Pengguna lain, atau masyarakat sebagaimana diperlukan atau diizinkan oleh peraturan perundang-undangan; atau
  3. kepada pihak ketiga di luar Kementerian yang memiliki kepentingan untuk mengetahui Informasi Pribadi Pengguna untuk tujuan menjalankan dan/atau meningkatkan layanan dalam Platform Kedaireka, yang telah menandatangani perjanjian kerahasiaan dengan Kementerian dan oleh karena itu terikat pada kewajiban kerahasiaan yang serupa sebagaimana dimaksud dalam Kebijakan Privasi ini.        

Untuk menjaga keamanan Informasi Pribadi Pengguna, Kementerian telah mengambil sejumlah langkah pengamanan secara teknis maupun organisasi. Sebagai contoh, Kementerian Dmempertahankan keamanan teknis pada tingkat maksimum dalam semua sistem (termasuk keterlacakan, pemulihan setelah bencana, pembatasan akses, dan sebagainya).

Selain itu, Kementerian juga telah memberlakukan kebijakan untuk memastikan karyawan Kementerian yang  tunduk terhadap kewajiban menjaga kerahasiaan) agar tidak menggunakan Informasi Pribadi jika tidak diperlukan sesuai Kebijakan Privasi ini. Kebijakan tersebut mengatur Kementerian dalam membuat kontrak dengan pemasok atau memperkenalkan tim Teknologi Informasi baru dalam Kedaireka.

Kementerian akan menggunakan Informasi Pribadi Pengguna dengan tingkat kehati-hatian yang sama, namun dalam setiap hal tidak kurang dari tingkat kehati-hatian yang wajar, sebagaimana digunakan dalam urusan Kementerian sendiri yang dapat diperbandingkan untuk menjaga kerahasiaan semua Informasi Pribadi.

Kewajiban untuk menjaga kerahasiaan Informasi Pribadi tidak akan atau tidak lagi berlaku atas Informasi Pribadi yang:

  1. telah diketahui oleh publik pada saat diungkapkan, atau yang telah diketahui oleh publik setelahnya dengan cara lain selain melalui tindakan atau kelalaian Kementerian;
  2. telah diketahui oleh Kementerian sebelum Informasi Pribadi diungkapkan;
  3. Kementerian peroleh secara layak dari pihak ketiga tanpa adanya kewajiban untuk menjaga kerahasiaan Informasi Pribadi tersebut;
  4. telah atau sedang Kementerian kembangkan secara independen dari Informasi Pribadi yang diungkapkan oleh Pengguna;
  5. pengungkapannya telah diizinkan oleh Pengguna; dan
  6. harus diungkapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, putusan pengadilan, atau institusi pemerintahan yang berwenang lainnya, di negara mana pun yang memiliki yurisdiksi.

Pengguna setuju bahwa Kementerian tidak akan bertanggung jawab untuk setiap pelanggaran keamanan yang terkait pesan, informasi atau dokumen yang dikirimkan oleh Pengguna melalui internet.

Dalam hal terjadi kegagalan dalam melindungi Informasi Pribadi di dalam Platform Kedaireka, maka Kementerian akan memberitahukan Pengguna secara tertulis baik melalui media elektronik atau secara langsung dengan pos terdaftar.

  1. COOKIE

Dalam memberikan layanan terbaik untuk Pengguna, situs web ini akan menempatkan dan mengakses cookie Kementerian di komputer Pengguna. Cookie adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi  Pengguna selama mengunjungi suatu situs. Walaupun secara otomatis perangkat Pengguna akan menerima cookie, Pengguna dapat memilih untuk menolak cookie dengan mengatur tingkat privasi di dalam fungsi browser yang Pengguna gunakan dengan catatan dapat menyebabkan beberapa fitur situs web Kedaireka tidak dapat dipergunakan.

  1. Frequently Asked Question (FAQ)

Apabila Pengguna memiliki pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi, saran atau keluhan terkait Kebijakan Privasi, penggunaan, dan/atau pengolahan Informasi Pribadi Pengguna, Pengguna dapat mengunjungi laman Frequently Asked Question (FAQ) Kedaireka.

  1. PILIHAN HUKUM

Perjanjian ini diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia. Seluruh korespondensi dan kontak dalam Platform Kedaireka harus dibuat atau dilakukan dalam bahasa Indonesia.

  1. PEMBARUAN KEBIJAKAN PRIVASI

Kementerian dapat memperbarui Kebijakan Privasi ini untuk memastikan bahwa Kebijakan Privasi senantiasa konsisten dengan perkembangan  Kementerian, Insan Dikti, Dunia Usaha dan Dunia Industri, serta pihak-pihak terkait  dan/atau segala perubahan dalam persyaratan hukum dan peraturan. Pengguna setuju untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi yang berlaku yang mana dapat diperbarui dari waktu ke waktu. Pembaruan dapat dilakukan sewaktu-waktu, baik dengan pemberitahuan melalui email maupun tanpa pemberitahuan selanjutnya. Pengguna dihimbau untuk selalu melakukan pengecekan pada Kebijakan Privasi ini untuk mengetahui pembaruan yang ada.

  1. PENGAKUAN DAN PERSETUJUAN

Dengan menyetujui Kebijakan Privasi, Pengguna mengakui bahwa Pengguna telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, Pengguna setuju dan memberikan persetujuan kepada Kementerian untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mentransfer, atau mengolah informasi Pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.

Dalam hal Pengguna memberikan Informasi Pribadi yang berkaitan dengan individu lain (misalnya Informasi Pribadi yang berkaitan dengan pasangan, anggota keluarga, teman, atau pihak lain) kepada Kementerian, maka Pengguna  menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah memperoleh persetujuan dari individu tersebut untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk, pengumpulan, kontribusi, pengungkapan dan pengolahan Informasi Pribadi mereka kepada Kementerian.